Metode Dan Langkah Sterilisasi Alat Medis Di Rumah Sakit

metode sterilisasi alat kesehatan di rumah sakit

Macam metode sterilisasi cukup banyak, namun tidak semuanya bisa kita lakukan. Hal ini karena proses sterilisasi itu sendiri ada banyak macam dan peruntukkannya. Salah satu prosedur sterilisasi yang sering dilakukan adalah di rumah sakit. Bukan sering lagi melainkan harus atau wajib.

Metode sterilisasi di rumah sakit dilakukan pada alat – alat bedah dan alat lain yang digunakan secara bergantian. Dalam hal ini ada dua metode yang bisa dilakukan yaitu menggunakan metode panas kering dan panas uap. Namun sebelum dilakukan, peralatan medis ini disterilkan menggunakan desinfektan.

Proses sterilisasi dengan bahan pembersih seperti desinfektan disebut dengan metode sterilisasi kimia. Untuk lebih jelasnya, sekarang kita akan membahas mengenai langkah – langkah sterilisasi alat kesehatan di rumah sakit.

Metode Sterilisasi Alat Medis Di Rumah Sakit

  • Pertama petugas hendaknya menggunakan pakaian khusus berupa, jas, masker dan juga sarung tangan yang disediakan khusus untuk kegiatan ini.
  • Kedua, mengumpulkan peralatan medis yang akan disterilkan dalam bak khusus
  • Kemudian proses sterilisasi pertama dilakukan, yaitu membersihkan kotoran organik yang menempel pada alat medis tersebut dengan sabun desinfektan hingga bersih
  • Kemudian bilas dengan air yang mengalir sampai bersih
  • Setelah itu letakkan alat pada wadah yang bersih kemudian semprotkan cairan desinfektan hingga merata ke seluruh alat. Tunggu beberapa menit dan cuci kembali dengan air mengalir hingga bersih
  • Setelah proses ini, sekarang akan dilakukan proses sterilisasi dengan metode uap atau bisa juga dengan panas kering.
  • Peralatan kaca baiknya disterilkan dengan metode uap, namun untuk logam bisa disterilkan dengan metode panas kering.
  • Siapkan alat sterilisasi yang akan digunakan, untuk metode uap proses sterilisasi dilakukan dengan menggunakan autoclave, sedangkan untuk sterilisasi kering menggunakan dry heat sterilizer.
  • Masukkan peralatan ke dalam wadah yang terdapat dalam sterilizer kemudian tutup rapat. Proses sterilisasi siap dilakukan.
  • Tunggu proses hingga selesai dan anda bisa memindahkan peralatan ke wadah steril dan siap untuk disimpan pada lemari instrument yang steril.

Itulah beberapa metode sterilisasi yang digunakan di rumah sakit dan klinik. Informasi untuk anda yang membutuhkan alat – alat sterilisasi khususnya untuk kebutuhan rumah sakit dan klinik. Anda bisa kunjungi www.jualautoclave.com untuk melihat produk autoclave terbaik anda bisa klik di sini. Daftar harga autoclave terbaik. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *