Mengenal Macam Alat Kesehatan Rumah Sakit

macam alat kesehatan di rumah sakit

Pernahkah anda berkunjung ke rumah sakit ? Tentu saja pernah bukan. Kalau kita perhatikan, di setiap sudut rumah sakit, entah itu di kamar pasien, ruangan IGD ataupun di ruang periksa dokter, terdapat banyak alat – alat kesehatan. Nah tahukah anda ada berapa macam alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit ?

Jawabnya pasti sangat banyak. Benar, namun dari banyaknya alat, bisa kita kelompokkan berdasarkan fungsi dan juga klasifikasi jenis dan macamnya. Apa sajakah itu ? Berikut ini akan dijelaskan mengenai macam alat kesehatan di rumah sakit dan contohnya.

Macam Alat Kesehatan di Rumah Sakit

1. Alat Elektromedik

Jenis pertama yaitu alat – alat kesehatan yang bersifat Elektronik. Alat ini disebut atau dikelompokan berdasarkan cara kerjanya yang menggunakan energi listrik. Alat ini dinamakan alat Elekteromedik. Yaitu semua peralatan kesehatan yang membutuhkan energi listrik dalam proses kerjanya. Contohnya cukup banyak seperti Alat EKG, Defibrillator, USG, Pasien Monitor dan lain sejenisnya.

2. Alat Non Elekteromedik

Yang kedua yaitu kebalikan dari jenis pertama. Kalau Elektromedik harus membutuhkan energi listrik, sedangkan untuk non elektromedik yaitu golongan alat yang tidak membutuhkan energi listrik dalam proses operasinya. Golongan alat ini bisanya didominasi oleh bahan habis pakai seperti alat suntik, infus set, termometer air raksa, kateter, tabung oksigen dan alat – alat sejenisnya.

3. Alat Diagnostic Invitro

Alat ini pengelompokkannya didasarkan pada fungsinya yang secara khusus digunakan untuk melakukan analisa atau diagnostic terhadap sample untuk membantu menentukan jenis penyakit yang diderita oleh pasien. Contoh alat diagnostic in vitro ini diantaranya yaitu Hematology Analyzer, Chemistry Analyzer, Urine Analyzer, Diagnostic set, dan alat lain yang sejenis.

4. Alat Non Medis

Ada lagi, peralatan medis yang disebut dengan alat – alat non medis. Yaitu alat penunjang proses pengobatan di rumah sakit namun sifatnya tidak langsung. Oleh sebab itu kita bisa katakan sebagai alat non medis. Contohnya juga cukup banyak seperti tempat tidur pasien, almari obat, bed side cabinet, tiang infus, dan lainnya. Alat – alat ini biasanya disebut dengan hospital furniture.

Masih ada banyak sekali peralatan medis yang terdapat di rumah sakit, jika anda masih membutuhkan informasi mengenai macam alat kesehatan dan fungsinya anda bisa merujuk pada sumber berikut ini.

Sumber : https://www.gloryamedica.com/alat-kesehatan-dan-fungsinya/

Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *