3 Fungsi dari Portable Document Format (PDF)

fungsi pdf

PDF merupakan kepanjangan dari portable document format yang berarti yaitu sesuatu format dokumen yang dapat berisi berupa teks, gambar, huruf, citra, grafik vektor kemudian PDF ini adalah buatan dari adobe system inc.

Pada saat dahulu format file PDF ini yang merupakan awalnya adalah adobe system sebagai pemrakarsa ini hanya memicu dari software acrobat reader atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama adobe reader ini harus berbayar atau dengan kata lain adalah tidak dapat langsung di unduh.

fungsi pdf

Namun, pada era sekarang ini justru banyak orang yang lebih memilih menggunakan file dalam bentuk PDF dibandingkan dengan format yang lainnya. File dengan format atau bentuk PDF ini dianggap mampu untuk menyimpan data – data anda dengan aman dan file pun tidak mudah rusak serta mudah untuk menggunakannya.

 

Fungsi Portable Document Format

Banyak orang yang belum mengerti fungsi file PDF itu sendiri di dalam penggunaannya. Orang – orang hanya memakainya saja karena mudah namun tidak mengetahui fungsi sebenarnya. Berikut ini merupakan fungsi – fungsi dari file PDF yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Format file yang dapat menaruh dokumen tertentu

Dalam pembuatan suatu atau berkas seringkali berisi huruf, teks, grafik dan lain sebagainya dan merasa kesulitan untuk menggabungkannya. Namun, dengan menggunakan file yang berfomat yaitu PDF semua hal tersebut dapat digabungkan.

Dengan menggunakan file PDF ini semua format dapat digabungkan menjadi walaupun bentuknya berbagai macam atau beragam seperti gambar, grafik, teks atau font, huruf dan masih banyak yang lainnya.

Dalam hal ini akan sangat memudahkan juga efisien waktu atau dapat menghemat waktu anda dalam membuat tugas atau menyimpan data – data anda dalam berbagai bentuk dokumen dengan satu file dokumen yaitu dengan menggunakan file PDF.

 

  1. File PDF dapat digunakan di komputer apa saja

Seringkali ada file – file yang tidak dapat dibuka di komputer tertentu dan itu tentu saja akan membuat anda kesusahan dalam memroses sesuatu. Namun, dengan menggunakan file PDF ini anda dapat terbebas dari masalah tersebut jika menggunakan file dalam bentuk PDF.

Fungsi dari file PDF ini yaitu selain dapat menggabungkan beberapa dokumen juga dapat di akses atau buka di komputer apa saja dan hal ini tentunya memudahkan anda. fungsi ini sangat penting karena dalam memroses sesuatu seringkali bertukar file dan harus bisa di buka di komputer mana saja dan komputer apapun.

Sumber: masjawa.com

Fungsi ini sangat cocok dalam pekerjaan maupun dalam pelaksanaan tugas – tugas sekolah yang mengharuskan bertukar file ataupun data sehingga nantinya akan tetap berjalan lancar dan tidak ada kendala dalam pemrosesan data tersebut ataupun tidak ada masalah.

 

  1. Proses pengiriman file PDF yang mudah

Dalam pembuatan suatu file seringkali mengharuskan anda memberikannya atau bertukar informasi dengan teman kerja ataupun dengan dosen atau guru maupun dengan teman sekolah anda.

Terkadang anda kesulitan dalam memberikan file tersebut karena tidak dapat di akses dimana saja. Akan tetapi, jika anda menggunakan menggunakan fle dengan bentuk PDF ini akan memudahkan anda dalam pengiriman file PDF.

Pengiriman file ini akan mudah dilakukan dengan menggunakan email dan dapat di buka di berbagai macam komputer baik itu menggunakan windows maupun juga dapat menggunakan linux, mac-OS maupun bentuk pemrograman yang lainnya yang mendukung sistem dari komputer tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *