5 Langkah Mudah Membuat Kandang Ayam Sederhana nan Cantik

cara membuat kandang ayam sederhana

Kandang ayam bisa anda buat sesuai kebutuhan anda, apabila di gunakan untuk peternakan bisa di buat dengan skala besar, misal nya ternak ayam bangkok . Namun jika kandang hanya untuk pemeliharaan hewan unggas di rumah anda bisa membuat nya sendiri.

Cara Mudah Membuat Kandang Ayam Sederhana

cara membuat kandang ayam sederhana

Kali ini Kebun Maker akan sedikit membahas tentang cara membuat kandang ayam sederhana yang bisa anda praktek kan di rumah. Bahan untuk membuat kandang biasa nya menggunakan kayu, bambu, paku dan kawat serta yang lain nya sesuai yang anda inginkan.

Untuk alat nya anda perlu menggunakan gergaji, palu, meteran dan yang paling penting adalah niat. Berikut ini cara sederhada membuat kandang ayam :

  1. Merencanakan Pembutan Kandang Ayam

    Rencanakan kandang yang anda akan buat, mulai dari lokasi kandang dan ukuran kandang yang sudah anda sesuaikan apabila anda ingin menaruh perlengkapan di dalam nya.

  2. Pembuatan Dinding dan Lantai

Setelah anda rencanakan kandang yang anda inginkan mulailah membuat kandang dari bagian dinding dan lantai. Ukur kayu atau bambu untuk lantai sesuai yang sudah anda rencanakan, potong bagian- bagian tersebut, lalu susun yang di kaitkan dengan paku yang sudah anda siap kan.

Jangan lupa pada dinding siapkan pintu dan lubang untuk pintu ayam yang ukuran nya bisa untuk masuk ayam dewasa.

  1. Membuat Atap

Apabila dinding dan lantai sudah selesai anda buat, selanjut nya buat atap kandang. Untuk atap anda bisa menggunakan kayu, talang air atau yang lainya, taruh bagian atas lalu kaitkan dengan rapat dan kuat.

  1. Memasang Pintu

Jika dinding, lantai, dan atap kandang sudah di buat, kemudian pasang pintu pada dinding yang terbuat dri kayu atau bambu yang sudah anda siap kan sbelum nya.

  1. Meninggikan Kandang Ayam

Setelah bagian- bagian kandang di atas sudah terpasang dengan benar, lalu tinggikan kandang menggunakan kayu. Di bentuk seperti kaki- kaki dengan ukuran yang pas sesuai lokasi dan keinginan anda. Ini bertujuan agar unggas tidak terancam oleh predator seperti ular atau yang lain nya.

Itulah cara membuat kandang ayam sederhana yang bisa anda kerjakan sendiri, termasuk membuat kandang ternak ayam bangkok yang saat ini sedang banyak di budidayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *