Solusi Untuk Kenari Yang Cuma Ngeriwik

Solusi Untuk Kenari Yang Cuma Ngeriwik – Hai sobat kicau, suara burung kenari memang memiliki nada yang panjang dan merdu. Sayangnya bagi sebagian pemilik kenari, khususnya burung kenari muda, sering mendapati burung miliknya hanya ngeriwik saja. Hal ini tentu mengecewakan, apalagi burung kenari Anda berasal dari keturunan burung berkualitas atau burung lomba.

burung kenari

Walaupun demikian, Anda tidak perlu risau. Pasalnya ngeriwik itu alami untuk kenari muda yang sedang belajar berkicau. Biasanya suara burung kenari ngeriwik ini muncul pada paud kenari jantan usia 2-5 bulan. Ngeriwik ini muncul sebab burung kenari sedang berlatih kemampuan berkicaunya. Namun, ada juga burung kenari jantan yang sudah tua hanya ngeriwik saja. Bisa jadi burung tersebut sakit atau stress hingga tidak mau berkicau.

Nah dibawah ini ada beberapa solusi untuk kenari yang Cuma ngeriwik saja.

  • Lakukan penjemuran rutin

Untuk membuat kenari kembali berkicau, Anda perlu menjemur burung kenari secara rutin setiap harinya. Bila Anda terbiasa menjemur dalam waktu 1 jam saja per harinya, maka Anda bisa meningkatkan waktu penjemuran menjadi 2-3 jam per hari. Langkah ini dipercaya meningkatkan birasi kenari sehingga mau ngerol panjang dan keras.

  • Beri pakan berkualitas

Untuk membantu mempercepat birahi, Anda abisa memberikan kenari pakan berupa biji niger. Anda bisa juga memberikan pakan sayuran segar atau buah segar saja untuk memancing burung berkicau. Anda juga bisa memberikan selada dan telur rebus beberapa hari berturut-turut agar performa kenari kembali naik.

  • Coba tempel dengan kenari lainnya

Kenari pada dasarnya merupakan burung sosial. Untuk burung lomba yang terbiasa dipelihara sendirian terkadang membuat burung stress. Maka solusinya, Anda bisa menempelkan kenari ngeriwik dengan kenari lain yang gacor. Hal ini bertujuan untuk memancing suara burung kenari yang ngeriwik kembali ngerol, ikut bersautan dengan kenari lainnya.

  • Lakukan pemasteran

Bila Anda memelihara burung kenari muda, Anda bisa melakukan pemasteran dengan mendownload file suaranya di cenayangkicau.com agar suara burung kenari lebih jelas saat dewasa. Diharapkan dengan pemasteran, kenari Anda yang berusia dewasa mampu ngerol dengan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *