Macam-Macam Proses Pengurusan Dokumen IMB

Bagi Anda yang sudah sering berurusan dengan berbagai macam hal yang berkaitan dengan properti atau pun bisnis jual beli dan sewa bangunan tentu sudah tidak asing lagi dengan dokumen IMB. Dokumen satu ini memang sudah seperti teman sejalan bagi para developer. Sebab seperti apa saja bentuk bangunannya maka dokumen IMB wajib untuk di miliki.

Tidak terkecuali untuk rumah tinggal yang wajib memiliki dokumen izin mendirikan bangunan ini. Peraturan pemerintah tentang kewajiban setiap orang yang harus memiliki IMB ini memang di rancang dengan serius. Bahkan sudah ada Undang-Undang resmi milik Pemerintah yang di buat khusus untuk mengatur tentang bangunan apa saja yang harus memiliki IMB.

Cara Mengurus Dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Berbicara tentang bagaimana cara mengurus dokumen IMB sendiri di bagi menjadi 3 cara. Dimana setiap cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihan cara pembuatan IMB yang berbeda ini di karenakan adanya perkembangan teknologi dan waktu yang semakin maju dan juga canggih. Adapun cara membuat dokumen izin mendirikan bangunan atau IMB adalah:

1. Cara membuat IMB secara manual

Cara pembuatan IMB secara manual ini sudah ada sejak dahulu. Namun bisa di bilang cara ini cukup rumit dan lumayan memakan waktu Anda. Sebab Anda harus mempersiapkan banyak sekali dokumen sebagai syarat utama pembuatan IMB untuk bangunan yang Anda miliki. Atau jika Anda ingin berkonsultasi dengan lengkap maka Anda bisa berkonsultasi dengan kami.

Mengapa ribet? Sebab jika yang Anda bangun atau yang akan Anda buat IMB nya adalah sebuah bangunan non tempat tinggal maka ada sekitar tiga belas hingga lima belas dokumen yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Jika ada satu saja dokumen yang tidak lengkap maka pengajuan IMB untuk bangunan Anda akan di tolak. Setelah menyerahkan dokumen baru Anda di minta mengisi formulir dan menyertakan denah lengkap dari bangunan yang Anda miliki atau yang Anda bangun. Baru setelah itu IMB Anda mulai memasuki proses pembuatan.

2. Cara membuat IMB secara online

Cara kedua pembuatan IMB ini bisa di bilang karena kemajuan teknologi yang mumpuni. Karena saat ini Anda sudah bisa membuat dokumen izin mendirikan bangunan hanya dari rumah melalui komputer yang terhubung dengan internet. Cara ini bisa di bilang cukup efektif, karena Anda tidak perlu antri dan Anda tinggal melengkapi formulir yang ada.

Lalu menunggu hingga jangka waktu yang sudah di tentukan hingga dokumen IMB Anda jadi. Namun ada kekurangan dari cara ini. Salah satunya adalah proses pembuatan dokumen IMB Anda akan mengalami hambatan yang di sebabkan oleh jaringan internet yang kurang memadai. Sehingga ada baiknya Anda cek terlebih dahulu kecepatan jaringan internet yang Anda miliki.

3. Cara membuat IMB menggunakan jasa perizinan

Cara yang terakhir ini bisa di bilang saat ini sudah di gunakan oleh banyak orang. Sebab Anda tidak akan lagi merasakan kerepotan dan ribetnya mengurus IMB. Anda hanya perlu menyerahkan dokumen yang di butuhkan lalu menunggu hingga dokumen IMB Anda jadi. Sehingga Anda tidak perlu lagi antri lama di lembaga pemerintahan atau pun bingung dengan jaringan internet yang lambat.

Serahkan saja pembuatan IMB bangunan Anda kepada kami dan kami akan melayani dengan sepenuh hati. Sebab kepuasan Anda adalah hal yang paling penting untuk kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *