Pentingnya Bacaan Al-Qur’an Dan Sholat

Pentingnya Bacaan Al-Qur’an Dan Sholat

Bacaan Al-Qur’an Dan Sholat – Sangat penting sekali bacaan Surat Al Quran dalam sholat itu dan alangkah baiknya kita membahas atau menguak sedikit tentang pengertian shalat yang merupakan salah satu ibadah yang didalamnya banyak dibacakan ayat ayat suci Al Quran. Berikut ini pengertian shalat, hukum melaksanakan shalat, dan tujuan dari dilaksanakannya shalat.

Shalat dapat diartikan doa, sedangkan menurut istilah, sholat merupakan suatu bentuk dari beberapa ucapan ritual peribadahan yang menghadapkan hati seorang hamba kepada sang pencipta yakni Allah Azza Wa Jalla dalam bentuk beberapa ucapan dan juga perbuatan. Hal yang dilakukan saat shalat adalah diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam yang sesuai dengan syarat-syarat atau ketentuan syar’iyyah yang telah ditentukan oleh agama.

Hukum untuk melaksanakan shalat adalah wajib bagi orang yang beragama Islam dan sudah AqilBaligh atau yang sudah memenuhi syarat wajib shalatdalam agama Islam.

Untuk menjalankan shalat memiliki syarat. Syarat sah shalat yaitu syarat yang menyebabkan sahnya shalat seseorang. Di dalam hal ini, jika syarat sahnya shalat terpenuhi, maka shalatnyasah. Namun itu menurut pendapat manusia.

Jika bertanya apakah shalat kita selama ini diterima oleh Allah Ta’ala atau tidak, biarlah itu urusan Allah Ta’ala, yang terpenting kita sudah melaksanakannya dengan aturan, syarat-syarat yang dianjurkan dengan benar.

Karena banyak orang yang terlalu fanatik dan mempermasalahkan dengan syarat sahnya shalat ini, sehingga yang terjadi adalah dirinya merasa was-was tentang diterima atau tidak solat yang selama ini dialakukan.

  • Berikut ini adalah syarat sahnya shalat:

1. Beragama Islam
2. Sudah Aqil Baligh
3. Suci dari hadats (hadats besar dan hadats kecil)
4. Suci dari najis baik itu badan, pakaian, dan tempat yang digunakan untuk shalat
5. Menutup aurat (aurat untuk laki-laki: dar ipusar hingga lutut, aurat perempuan: seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan)
6. Telah masuk waktu shalat sesuai dengan ketentuan waktu masing-masing atau zona yang digunakan.
7. Menghadap kiblat
8. Mengetahui mana rukun dan mana yang sunnah shalat.

  • Berikut adalah rukun shalat :

1. Niat
2. Takbiratul ihram
3. Berdiribagi yang mampu
4. Membaca surat Al-Fatihah pada tiap rakaat
5. Ruku dengan Thuma’ninah
6. I’tidal dengan Thuma’ninah
7. Duduk diantara dua sujud
8. Duduk tasyahud akhir
9. Membacatasyahudakhir
10. Membaca shalawat kepada Nabi pada tasyahud akhir
11. Mengucapkan salam
12. Tertib, maksudnya melakukan rukun shalat dengan tertib dan runtut.

Nah dari keterangan diatas, bacaan Al Quran merupakan rukun dari sholat yakni bacaan Al Fatihah, kita lanjutkan ke pembahasan manfaat bacaan Al Quran dalam kehidupan dunia dan akhirat, dan berikut keterangan selengkapnya.

Manfaat Bacaan Al Quran

Bayak sekali manfaat yang di berikan Allah Ta’ala melalui bacaan Surat Al Quran, seperti ayat ayat Al Quran itu bisa menjadi obat dari berbagai macam penyakit. Orang yang membaca Al Quran juga akan tenang hatinya serta akan merasa dirinya sangatlah kecil dan bodoh .

Kemuliaan Al Quran sangatlah banyak, maka dari itu Al Quran disebut sebagai Al Huda yang artinya adalah petunjuk, karena didalam Al Quran terdapat banyak sekali petunjuk petunjuk keselamatan baik di dunia dan juga di akhirat, sehingga orang yang membaca Al Quran dan yang memahami arti dari bacaannya akan memdapat petunjuk dari Allah Ta’ala.

Manfaat lainnya dari bacaan Al Quran adalah sebagai alat pendulang pahala yang kelak di hari pembalasan akan dicatat sebagai amal kebaikan yang memberatkan timbangan amal kebaikan sehingga menjadi salah satu penyebab orang itu masuk kedalam surga.

Kemudian Al Quran akan menjadi saksi atas orang orang yang membacanya, oleh karena itu jika kita bisa menghafalkan Al Quran walau hanya beberapa surat atau juz Al Quran maka kelak Al Quran akan memberikan syafaatnya untuk kita.

Itu tadi beberapa manfaat membaca Al Quran yang bisa kami sampaikan, dan banyak sekali manfaat-manfaat lainnya yang tidak bisa kami sampaikan semuanya pada tema kali ini, semoga ada manfaatnya dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *