Pentingnya Memahami Arti Dari Ayat Al Quran

Pentingnya Memahami Arti Dari Ayat Al Quran

Memahami Arti Dari Ayat Al Quran – Kenapa kita harus paham terhadap arti atau makna Al Quran ?, jawabannya adalah Al Quran merupakan kitab suci yang berisikan petunjuk bagi kita manusia yang ingin mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat (kehidupan setelah alam dunia).

Al Quran berbahasa Arab, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam juga orang arab yang berbahasa Arab dan bahasa Arab merupakan bahasa yang akan digunakan kelak dihari akhirat, dan agar kita bisa memahami arti dari ayat Al Quran maka kita wajib bisa berbahasa Arab atau minimal bisa memahami setiap arti yang di tuliskan dalam Al Quran, dan bagi yang belum bisa memahami arti dari ayat Al Quran sekarang sudah banyak referensi seperti Al Quran terjemahan atau yang lebih gampang lagi sekarang sudah banyak yang membagikan Mp3 Al Quran Dan Terjemahannya¬†yang bisa didownload melalui internet. Lalu apa saja keuntungan dari kita memahami arti dari ayat Al Quran ?, berikut ulasannya.

Keuntungan Memahami Arti Dari Ayat Al Quran

Ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita bisa paham akan arti dari ayat ayat suci Al Quran, berikut diantaranya

1. Mengerti Pesan Yang Disampaikan

Jika kita tidak tahu arti dari ayat ayat suci yang kita baca bagaimana kita bisa mengerti apa yang disampaikan Allah Ta’ala kepada kita hambanya. Penting sekali bagi umat islam untuk bisa berbahasa Arab agar kita lebih paham pesan makna dari ayat ayat Al Quran.

Akan berbeda pemahaman orang yang bisa mengartikan ayat ayat Al Quran dengan orang yang hanya membaca terjemahannya baik dalam Al Quran terjemahan maupun yang mendengarkan mp3 Al Quran Terjemahan. Pemahaman orang yang bisa mengartikan bisa sangat luas mengingat bahasa dalam Al Quran adalah bahasa yang sangat tinggi, seperti arti kata yang terdapat dalam surat Al Fatihah “Jalan Yang Lurus“, bagi orang yang paham akan bahasa Arab maka arti jalan yang lurus itu sangat luas dan sesuai dengan ayat yang menggabung didalamnya.

2. Menjadi Lebih Rendah Hati

Untuk teman teman yang sudah bisa mengartikan Al Quran dan membacanya setiap hari maka hati hati mereka akan tersentuh dan semakin rendah hati, karena dalam Al Quran banyak diterangkan bahwasannya manusia adalah makhluk yang tak berdaya tanpa adanya pertolongan dan hidayah dari Allah Ta’ala.

3. Taat Kepada Allah Dan Rasulnya

Setelah kita bisa memahami arti dari ayat Al Quran maka diri kita akan lebih taat kepada Allah dan Rasulnya, karena dalam Al Quran telah disampaikan tentang kehidupan setelah alam dunia yang mana perbandingan waktu antara dunia dan ahirat sangatlah jauh sekali berbeda, jika didunia ini sementara maka kelak diakhirat adalah hari kekal abadi.

4. Mampu Menasehati Orang Lain Yang Salah Dalam Hidupnya

Dengan kita bisa memahami arti dari ayat Al Quran maka kita bisa mengambil ilmu didalamnya dan menyampaikannya kepada manusia lainnya yang salam dalam hidupnya, yang hidupnya mengingkari akan kebenaran serta kabar dalam Al Quran.

Dan dengan begitu akan lebih mudah untuk kita membacakan ayat ayat suci Al Quran kepada mereka sabagai dasar hukumnya.

5. Akan Lebih Mudah Dalam Menghafal Al Quran

Dengan kita bisa berbahasa Arab maka ketika kita ingin menghafal ayat ayat suci Al Quran akan terasa lebih mudah dibandingkan orang yang sama sekali tidak bisa berbahasa Arab dan hanya bisa membacanya saja.

Kelebihan lainnya adalah kita bisa langsung mengartikan dari ayat ayat suci yang sudah kita hafalkan, jika kita belum bisa berbahasa Arab maka hal ini akan terasa sulit.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita bisa memahami akan arti dari ayat ayat suci Al Quran. Tentunya masih banyak lagi hal hal yang akan kita dapatkan jika kita mau dengan sungguh sungguh untuk belajar bahasa Arab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *