Pedoman Inisiasi Menyusui Bayi

rumah_sakit

Jika ibu setelah melahirkan disarankan untuk menyusui bayinya. Tapi bagaimana panduan menyusui bayi yang benar ahar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. berikut yang dilansir danta-article.

1. Suami atau keluarga dianjurkan untuk mendampingi ibu di kamar bersalin.

2. Bayi lahir, segera dikeringkan secepatnya terutama kepala, kecuali kedua tangannya; tanpa menghilangkan vernix. Mulut dan hidung bayi dibersihkan, tali pusat diikat.

3. Bila bayi tidak memerlukan resusitasi, bayi ditengkurapkan di dada atau perut ibu dengan kulit bayi melekat pada kulit ibu dan mata bayi setinggi puting susu.

4. Keduanya diselimuti dengan 1 selimut yang sama yang diletakkan di atas punggung bayi dan bayi dapat diberi topi jika perlu.

5. Ibu dianjurkan menyentuh dan berbicara kepada bayi. Biarkan bayi mencari dan mendekati puting.

6. Ayah didukung agar membantu ibu untuk mengenali tanda-tanda atau perilaku bayi sebelum menyusu.

7. Biarkan kulit bayi bersentuhan dengan kulit ibu selama paling tidak satu jam; bila menyusu awal terjadi sebelum 1 jarn tetap biarkan bayi di atas dada ibu sampai setidaknya 1 jam.

8. Bila dalam 1 jam menyusu awal belum terjadi, bantu ibu dengan mendekatkan bayi ke puting, tetapi jangan memasukkan puting ke mulut bayi. Beri waktu pada bayi 30 menit atau 1 jam lagi.

9. Ibu dapat dibersihkan dan dipindahkan dari ruang bersalin ke ruang perawatan dengan bayi tetap berada di atas dada ibu tanpa terputus sama sekali.

10. Rawat gabung: ibu dan bayi dirawat dalam satu kamar, bayi dalam jangkauan ibu selama 24 jam.

Panduan sederhana diatas sangat berguna untuk ibu setelah melahirkan yang ingin langsung menyusui anaknya. Begitu kata web https://danta-article.com salam sukses semoga anak ibu sehat selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *