Kerjasama Usaha Tanpa Modal

Kerjasama Usaha Tanpa Modal memungkinkan terjadi saat ini. Banyak orang yang memiliki usaha namun kesulitan mengelolanya, ada juga orang yang memiliki uang tetapi tidak memiliki usaha. Dalam konteks ini kedua permasalahan diatas bisa diatasi dengan kerjasama usaha. Kerjasama usaha biasa juga disebut juga dengan franchise. Tipenya pun banyak sesuai kesepakatan bersama.

Apa itu franchise? Franchise atau istilah dibahasa Indonesia waralaba. Waralaba sendiri menurut versi pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Ada beberapa istilah penting dalam franchise ini, yang perlu diketahui adalah :

  1. Pemberi waralaba (franchisor), adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas usaha yang dimilikinya.
  2. Penerima waralaba (franchisee), adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

Dengan sedikit gambaran di atas, Kerjasama Usaha Tanpa Modal bisa terjadi karena adanya franchisor dan franchisee. Jika anda memiliki usaha namun terkendala dengan pemodalan yang anda perlukan adalah kerjasama dengan franchisor atau pemberi waralaba. Sebaliknya jika anda memiliki modal atau uang dan anda ingin memiliki usaha maka anda perlu kerjasama usaha dengan penerima waralaba atau franchisee.

Salah satu contoh usaha waralaba adalah produsen pewangi laundry dan sewa motor. Produsen pewangi laundry sangat cocok untuk penyedia waralaba, karena produk yang dihasilkan bisa digunakan di berbagi wilayah di indonesia.

Begitu juga dengan sewa motor, bila anda di jogja anda bisa mendirikan usaha sewa motor jogja dengan berkerjasama dengan merk-merk motor yang ada disana. Mudah dan cepat balik untungnya.

Kerjasama Usaha Tanpa Modal ini ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi kedua belah pihak baik franchisor maupun franchisee. Ada hak dan kewajiban yang harus disepakati bersama ketika ingin memutuskan untuk menjadi franchisor atau franchisee.

Untuk bisa Kerjasama Usaha Tanpa Modal anda harus benar-benar jeli melihat peluang yang ada di pasar. Pilihlah produk franchise yang dikira bisa memberikan untung, jangan lupa pula perhitungkan BEP (breake even point) atau istilahnya modal akan kembali dalam jangka waktu tertentu.

Jika anda menginginkan kerjasama usaha yang tidak terikat persyaratan tentang franchise, anda bisa mengajak teman atau saudara terdekat dulu. Namun akan lebih mudah anda harus memiliki usaha yang nyata dulu. Libatkanlah dalam usaha tersebut dan buatlah manajemen keuangan yang transparan, agar bisnis bisa diketahui untung apa ruginya.

Ada dua tipe juga kerjasama usaha atau waralaba atau franchise itu sendiri, pada umumnya seperti dibawah ini:

  1. Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.contoh waralaba ini kfc, mc donal.
  2. Waralaba dalam negeri, merupakan pilihan alternatif investasi bagi beberapa orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba. Sebagai contoh waralaba dalam negeri ini: capucino cingcau, tela-tela dan lain-lain.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini, sedikit gambaran tentang Kerjasama Usaha Tanpa Modal yang dapat kami bagikan untuk anda. Saran kami jika anda ingin kerjasama usaha, sebaiknya pilih saja yang waralaba dalam negeri saja, karena lebih mudah pengontrolan dan kejelasan usahanya. Tetapi jika anda mempunyai modal yang banyak pemilihan waralaba luar negeri karena system yang bagus dan manajemen yang jelas. Akan tetapi modal yang anda keluarkan akan banyak sekali, tetapi semakin besar modal yang dikeluarkan juga sebanding dengan apa yang anda dapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *