Cara Membuat Invoice Penagihan Sederhana yang Benar

Cara Membuat Invoice  Penagihan Sederhana yang Benar

Sebagai pengusaha, tentu kita akan bekerja lebih keras agar bisnis atau usaha bisa tumbuh lebih besar dan berkembang lagi. Tentu kita ingin setiap komponen yang ditambahkan ke sistem bisnis akan bekerja lebih efektif dan efisien. Template invoice yang berkualitas akan menunjukkan profesionalisme Anda sehingga klien lebih yakin untuk bekerjasama.

Format template invoice sangat banyak, salah satunya adalah format Microsoft Word yang bisa Anda dapatkan di paper.id. Template ini memberi Anda efisiensi yang lebih besar, karena memungkinkan untuk menggunakan struktur konsisten dan menyajikan brand Anda secara profesional ke semua klien. Selain template, mengetahui jenis invoice sebelum membuatnya juga penting dilakukan. Berikut penjelasannya.

Cara Membuat Invoice  Penagihan Sederhana yang Benar
Cara Membuat Invoice  Penagihan Sederhana yang Benar

Jenis-jenis Invoice

Invoice memiliki 3 jenis menurut Fenoza, diantaranya:

  1. Invoice Biasa

Invoice biasa adalah invoice yang pada umumnya digunakan ketika melakukan transaksi yang sederhana pada kehidupan sehari-hari. Isi dari invoice ini sangat sederhana dan di berikan kepada pembeli selama transaksi dilakukan secara umum.

  1. Invoice Proforma

Invoice proforma adalah jenis invoice yang bersifat sementara atau jangka pendek yang diberikan kepada pelanggan sebelum penjual menyerahkan secara total barang yang dibeli oleh pelanggan tersebut. Kedua pihak tersebut menggunakan invoice sebagai pengganti sementara karena barang yang dipesan oleh pembeli dikirimkan secara bertahap atau terpisah-pisah.

Pembeli akan melakukan pembayarannya dengan menggunakan invoice proforma ini nantinya dengan alasan pelanggan membeli barang tersebut berdasarkan invoice proforma. Tetapi barang tersebut belum sepenuhnya diterima secara keseluruhan. Apabila semua barang yang dipesan sudah diterima oleh pembeli secara keseluruhan, maka penjual akan memberikan invoice biasa sebagai pengganti dari invoice proforma tersebut.

  1. Invoice Konsuler

Invoice jenis ini khusus digunakan untuk transaksi perdagangan internasional atau ekspor impor. Untuk invoice konsuler wajib mencantumkan pengesahan serta persetujuan dari perwakilan negara yang mengimpor, kantor konsuler serta kedutaan besar negara pengimpor yang berada di negara pengekspor.

Cara Membuat Invoice Penagihan Sederhana yang Benar

Membuat invoice tidak terlalu rumit. Terlebih lagi sekarang dengan adanya internet pertukaran informasi semakin pesat dan mudah ditemukan, jadi kita tidak perlu ribet untuk mencari referensi yang sederhana dan mudah dicontoh. Contoh invoice bisa Anda temukan di paper.id.

Berikut ada beberapa poin penting dan umum yang ada di dalam invoice, antara lain:

  1. Cantumkan dahulu identitas penjual.
  2. Cantumkan identitas pembeli atau tujuan yang akan ditagih.
  3. Tersedia nomor invoice atau nomor surat pemesanan yang ada kaitannya dengan invoice.
  4. List dan rincian barang yang akan dibeli pelanggan (deskripsi barang, harga satuan barang, jumlah serta total harga barang tersebut secara keseluruhan).
  5. Tanggal pemesanan.
  6. Harga invoice.
  7. Total pembayaran atau total pajak.
  8. Sediakan tujuan pembayaran bagi pelanggan bisa berupa rincian nomor rekening bank yang akan dituju.
  9. Adanya kolom tanda tangan untuk pembeli atau penerima barang pesanan sesuai dalam invoice tersebut.

Untuk lebih mempermudah pembuatan invoice penagihan sederhana, Anda bisa mengunjungi web paper.id. Pada aplikasi ini, Anda bisa memilih template sesuai keinginan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *