Tips Merawat Komputer Dengan Baik

Tips merawat komputer dengan baik harus anda kuasai jika tidak ingin computer kesayangan mengalami kerusakan yang terbilang parah. Memiliki komputer yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari tentu saja pasti membutuhkan perawatan agar tidak rusak dan lemot. Walaupun dapat dibilang mudah, merawat komputer juga dapat dibilang cukup rumit.

Tips merawat komputer dengan baik

Selain dibutuhkan ketelatenan, anda juga harus melawan rasa malas. Komputer yang mulai lemot, masalahnya biasanya terdapat pada softwarenya. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika hal tersebut disebabkan oleh bagian hardwarenya.

6 Tips Merawat Komputer Dengan Baik Agar Awet

  1. Hindari mencabut langsung CPU

Jika anda ingin mematikan komputer anda, maka lakukan sesuai dengan prosedur yang benar. Hindari untuk langsung mencabut colokan pada saat komputer masih bekerja. Hal ini dapat menyebabkan malfungsi pada software dan kerusakan pada sistem kelistrikan di dalam CPU.

  1. Letakkan komputer di tempat yang sejuk

Ketika anda memilih tempat untuk meletakkan komputer, baiknya hindari meletakkan komputer di bawah sengatan matahari langsung. Mengapa? Karena sengatan matahari dapat menaikkan suhu pada CPU dan menyebabkan kerja kipas mesin kurang maksimal.

  1. Jangan makan dan minum dekat komputer

Hal ini untuk menghindari keteledoran anda jikalau anda menumpahkan minuman atau makanan pada hardware komputer. Perangkat keras komputer meskipun telah di desain sedemikian rupa, tetap perangkat yang rapuh terhadap benda cair. Sehingga baiknya anda mengurungkan niat anda untuk makan dan minum di dekat komputer.

Ketika komputer anda tidak sengaja terkena tumpahan minum, maka sebaiknya anda langsung mematikan komputer atau mencabut listrik yang mengalir ke komputer. Kemudian anda bisa segera mendatangi tempat servis komputer terdekat.

  1. Jauhkan benda bermagnet dari CPU dan Monitor

Benda yang memiliki daya tarik magnet bisa merusak monitor. Selain itu, benda dengan daya tarik magnet juga dapat merusak bagian-bagian dalam CPU. Sehingga lebih baik anda mengamankan benda bermagnet tersebut jauh dari komputer.

  1. Bersihkan CPU dan Hardware secara rutin

Ini merupakan hal yang penting namun seringkali terlupakan. Mungkin seminggu sekali atau 3 hari sekali anda bisa membersihkan CPU dan perangkat keras lain menggunakan kain fiber, kuas cat kecil, dan alat penyemprot udara.

Bagian-bagian yang biasanya perlu di bersihkan adalah power supply, heatsink, kipas pendingin, RAM dan motherboard. Ketika anda membersihkan perangkat keras, baiknya anda lakukan secara jeli dan hati-hati agar tidak merusak komponen kelistrikan yang menempel pada perangkat keras tersebut.

  1. Pastikan tegangan listrik stabil

Listrik dengan tegangan tidak stabil dapat merusak komputer. Maka sebaiknya anda menggunakan stabilizer dan UPS agar tegangan listrik stabil. Tegangan listrik yang terlalu tinggi dapat merusak perangkat keras komputer terutama power supply.

Selain itu, mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk membeli genset. Sehingga anda dapat menjaga tegangan listrik yang tetap stabil di rumah anda. Dengan genset, anda bisa tetap mengerjakan pekerjaan anda tanpa merasa ada gangguan dari pemadaman listrik. Mungkin anda bisa mulai mencari tempat jual genset yanmar 5 kva.

Jika anda berdomisili di surabaya, maka anda tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak tempat jual genset diesel surabaya. Sehingga memudahkan anda untuk memilih genset dengan kualitas yang baik dan sesuai keperluan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *