Tipe-Tipe Baja Konstruksi

Tipe-Tipe Baja Konstruksi

Inilah beberapa tipe baja konstruksi yang umumnya dipergunakan dalam proyek bangunan di Indonesia.

Baja Siku

Baja siku adalah batang baja yang memiliki penampang berbentuk L. Sepotong besi atau baja struktural yang berbentuk sudut 90 derajat yangi sangat ideal untuk semua aplikasi struktural, fabrikasi umum dan perbaikan.

Besi siku ini bisa memiliki ukuran kaki (atau flensa) yang sama yang dikenal sebagai besi siku sama kaki. Kaki (atau flensa) yang beda ukuran panjang dibedakan sebutannya menjadi siku tak sama kaki.

Pengukuran ukuran sudut struktural umumnya ditentukan dengan menggunakan panjang setiap kaki (flensa) dan ketebalan kaki (flensa). Dimensi di Amerika Utara biasanya dalam inci dan di Inggris, milimeter.

Besi Hollow atau Holo

Hollow Structural Steel (HSS) Tubing telah menjadi komponen penting dalam industri konstruksi. Ini juga digunakan untuk sebagian besar dalam fabrikasi selungkup, mobil dan banyak aplikasi struktural lainnya.

Tabung HSS diproduksi dalam tiga bentuk – bulat, persegi dan persegi panjang. Mereka tersedia dalam berbagai ukuran. Beberapa manfaat HSS Tube adalah:

  • Rasio kekuatan-ke-berat yang tinggi (lebih sedikit bobot-per-kaki)
  • Kekuatan seragam
  • Resistensi tinggi terhadap pemuatan torsi (pilihan yang sangat baik untuk penguat)
  • Peningkatan kemampuan bentuk
  • Kurang tahan terhadap aliran udara atau air
  • Lebih mudah dalam memasangkan bagian kawin (tanpa bentukan)
  • Sangat cocok untuk aplikasi kolom kompresi

Besi Kanal

Besi kanal adalah produk Hot Rolled (biasanya kelas ASTM A36). Produk ini muncul di pasaran dalam berbagai ukuran dan ketebalan.

Produk jenis ini memberikan kekuatan struktural yang sangat besar, menjadikannya produk yang ideal untuk membuat bingkai dan penyangga. Biasanya digunakan dalam pembuatan mesin, selungkup dan kendaraan. Itu juga digunakan dalam konstruksi bangunan untuk dukungan struktural.

Besi kanal, juga dikenal sebagai besi unp. Produk ini sangat berbeda dari besi i beam atau besi h beam atau besi wf yang memiliki sayap pada kedua sisi pelat badan. Salah satu ukuran yang populer dari jenis ini adalah besi unp 150.

Besi Beam

Besi baja beam tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, sehingga penting untuk menggunakan terminologi yang benar saat mengukur.

Produk ini dapat ditemukan dalam berbagai tipe seperti i beam, h beam, dan wf beam untuk versi flens yang lebih lebar. Beberapa perusahaan konstruksi menyebutnya sebagai Universal Beams atau Rolled Steel Joists (RSJ).

Biasanya mereka digunakan dalam konstruksi bangunan untuk penyangga struktural. Bagian dari Balok Struktural yang memberikan ketahanan terhadap gaya geser (pecah, robek, atau runtuh) adalah jaring, sedangkan flensa menahan gerakan lentur penampang. Untuk pasaran Indonesia sendiri ternyata menjadikan besi wf 150 sebagai tipe profil dan ukuran favorit untuk digunakan dalam proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *